Lembaga Jemad Dan CV.BSI Serahkan Bibit Manggis Dan Pinang Betara Kepada 4 Kelompok Tani

Ahad, 11 April 2021

DUMAI (ANC)-Lembaga Jemad (Jelajah Mania Dumai ) bersama CV BSI (Buah Segar Indonesia) melaksanakan kegiatan penyerahan bibit tanaman kepada 4 kelompok tani di bunga tanjung kelurahan bukit Datuk.(11/04/2021)

Peduli terhadap pelestarian lingkungan, lembaga jemad dan cv. Buah segar Indonesia  ajak seluruh masyarakat Bunga Tanjung menanam manggis dan pinang betara.

Program penanaman manggis dan pinang betara ini di inisiasi oleh lembaga jemad  Dumai dan CV buah segar Indonesia.Selain melestarikan lingkungan, penanaman manggis dan pinang betara ini juga di yakini akan lebih bermanfaat kepada masyarakat Bunga Tanjung. 

Saat dikonfirmasi Junaidi yang kerap disapa Atan Ketua RT28 Bunga Tanjung menyampaikan "Kami merasa terbantu dengan ada nya program penghijauan produktif ini, sebab kami juga memiliki kelompok tani di bunga tanjung, atan juga meyakini prospek lima tahun kedepan akan mengatasi lemah nya ekonomi masyarakat di kelurahan Bukit Datuk khusus nya masyarakat Bunga Tanjung jika masyarakat punya keinginan menanam manggis dan pinang betara". Ucapnya

"saya melihat program penghijauan berproduktif yang di inisiasi oleh lembaga jemad dan cv.bsi ini akan mengatasi lemah nya prekonomian masyarakat bunga tanjung saya juga bertrimakasi kepada Lembaga JEMAD dan CV.BSI". Tutupnya 

Program pelestarian lingkungan yang di inisiasi oleh lembaga jemad dan cv. buah segar indonesia turut melibatkan seluruh elemen masyarakat di kelurahan Bukit Datuk khusus nya masyarakat Bunga Tanjung. sejauh ini penanaman sudah melibatkan beberapa organisasi yang aktif di kota Dumai antara lain SPN (serikat pekerja nasional), karang taruna kota Dumai, GPK (gerakan pemuda Ka'bah) dan beberapa organisasi lainnya yang sedang disusun jadwal penanaman nya. selain itu lembaga jemad dan cv.buah segar Indonesia juga akan melibatkan pemko Dumai untuk ikut mendorong program ini supaya tercapai target penanaman pohon manggis dan pinang betara, dari program penghijauan produktif yang di inisiasi lembaga Jemad dan CV. Buah Segar Indonesia. 

Di kesempatan yang sama Ketua Umum Lembaga Jemad Mhd.Budianto melalui Ketua Bidangnya Ihwan Nazli Hasan menyampaikan, maksud dan tujuan penghijaun berpenghasilan ini untuk menciptakan lahan ekonomi baru bagi masyarakat Kelurahan Batu Teritip dan membawa perubahan ekonomi yang sejahtera dimasa mendatang.

"Program penghijauan berproduktif yang kita laksanakan hari ini, sebagai bentuk kita untuk mengubah ekonomi masyarakat Bunga Tanjung dimasa 2,5 hingga 5 tahun kedepan. Oleh karena itu, jika ini berjalan, maka masyarakat disini nantinya  bisa menjadi contoh ketahanan Ekonomi di bidang pertanian/perkebunan" pungkas ihwan.

Zulkifli yang kerap di sapa Datuk Amin selaku Dirut CV. Buah Segar Indonesia juga ikut menjelaskan, bahwa perusahaannya adalah salah satu perusahaan yang terdaftar di Kementan RI sebagai perusahaan eksportir buah manggis dari 70 perusahaan yang ada di Indonesia.

Datuk Amin menjelaskan, bahwa masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir apabila program ini berjalan tidak ada yang membelinya. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, CV. BSI siap MoU untuk sebagai jaminan masyarakat 2,5 hingga 5 Tahun kedepan jika menanam manggis dan pinang batara. Yang mana MoU tersebut untuk lebih menambah kepercayaan masyarakat," ucap Datuk Amin. 

Selain itu, lanjut Datuk Amin, pihaknya akan memberikan bantuan bibit manggis kepada masyarakat yang mempunyai lahan akan tetapi tidak mampu membeli bibit dengan mekanisme yang berlaku.

"Program kita ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada masyarakat serta membantu salah satu peran pemerintah, yang mana bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang pertanian," ucap Datuk Amin.