Sungai Batang Sosa Dalu-Dalu Di Duga Tercemar limbah Pabrik Kelapa Sawit

Selasa, 15 Juni 2021

Foto : Hulu Sungai Batang Sosa Rohul

ROHUL (ANC)-Peristiwa yang kerap terjadi sewaktu curah hujan tinggi kembali terjadi di hulu sungai Sosa, Dalu Dalu kecamatan Tambusai kabupaten Rohul. Selasa (15/06/2021)

Peristiwa tersebut menyebabkan banyaknya ikan bergelimpangan mengikuti air sungai Batang sosa, masyarakat seputaran menduga adanya buangan limbah dari pabrik kelapa sawit.

Tampak oleh media banyak masyarakat di sekitar seputaran sungai untuk mengambil ikan yang posisi mabuk dan bergelimpangan.seorang tokoh masyarakat Dalu Dalu, Ai (red) mengatakan "peristiwa seperti ini sering terjadi, apalagi curah hujan tinggi debit air naik" ungkapnya.

Foto : Bangkai Ikan Dugaan Akibat Pencemaran Limbah

Sementara melihat situasi itu media Aura Nusantara. Com mencoba menghubungi dinas lingkungan hidup (DLH) Suparno beliau mengatakan ”memang ada laporan dugaan pencemaran di sungai Batang sosah, saat ini sudah kami perintahkan staf agar segera turun ke TKP utk menindaklanjuti kejadian"tutur kadis DLH Suparno.

Masyarakat Tambusai berharap sepenuhnya kepada Dinas terkait dan aparat penegak hukum agar menindak tegas pabrik kelapa sawit yang sembarangan membuang limbahnya.apalagi sepengetahuan masyarakat banyak pabrik kelapa sawit yang berada di hulu sungai seperti PT kus, PT Jabal perkasa, dan ada lagi perusahaan yg diluar propinsi Riau seperti PTP Nusantara milik BUMN, dan PT.PHS.(permata hijau sawit)yang berada di Menanti Sosa.(ANC02/EB Nainggolan)