Gandeng Kadin Daerah Dan OJK, Kadin Indonesia Salurkan 10.000 dosis Vaksin Gotong Royong untuk Percepat Herd Immunity di Provinsi Riau

Kamis, 25 November 2021

PEKANBARU ( ANC ) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi upaya dan kerja keras pemerintah dalam menyediakan ketersediaan vaksin untuk masyarakat, baik vaksin yang secara gratis maupun berbayar yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan melalui program Vaksinasi Gotong Royong.

Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Arsyadjuliandi Rachman, saat memberi sambutan dalam Launching Vaksinasi Gotong Royong sebanyak 10.000 dosis Vaksin Sinopharm sekaligus melepas Mobil Vaksin Keliling Kadin Indonesia Rabu (24/11/2021), di Halaman Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru.

Andi Rachman mengungkapkan, kedatangan vaksin tersebut diharapkan dapat menjaga ketersediaan vaksin agar program Vaksinasi  di Provinsi Riau segera mencapai herd immunity atau kekebalan komunal terutama dalam mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia. 

Menurut Tokoh Riau yang juga anggota DPR RI Dapil Riau ini, Kadin Indonesia berkomitmen mempercepat program vaksinasi tersebut sebagai upaya mendukung Program Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan pemerintah.

“Wujud nyata dan komitmen kami untuk membantu mempercepat vaksinasi nasional akan tetap terus kami lakukan, buat kami membangkitkan kesehatan adalah upaya juga untuk membangkitkan ekonomi Indonesia,” ujarnya. 

Selain mempercepat program Vaksinasi Gotong Royong, Kadin Indonesia juga telah membangun sejumlah sentra vaksinasi di kawasan industri, membangun rumah oksigen, menyalurkan bantuan liquid oxygen, membagikan  bantuan sembako, dan lain-lain, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah. 

Andi menegaskan, dukungan tersebut merupakan pernyataan sikap perang melawan pandemi melalui kerjasama kolaboratif dengan segenap pemangku kepentingan di 34 Provinsi se Indonesia.

Ia meyakini, dengan berjuang bersama-sama, bangsa Indonesia mampu bangkit dan melewati krisis kesehatan yang terjadi.

Di Provinsi Riau sendiri Kadin Indonesia menggandeng Kadin Riau dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau serta didukung Kadin Kabupaten Kota di Riau dalam menyalurkan 10.000 dosis vaksin untuk 5.000 akseptor serta penyaluran 5.000 paket sembako bagi akseptor tersebut.

"Kegiatan Vaksinasi Gotong Royong ini didukung oleh Mobil Vaksin Keliling yang akan menjangkau 10 titik vaksinasi di 5 Kabupaten Kota di Riau yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Inderagiri Hilir" pungkas Andi Rachman.

Sementara itu, Deputi Direktur Pengawasan LJK Kantor OJK Provinsi Riau Elvira Azwan mengatakan, kegiatan ini bertepatan dengan HUT OJK yang ke-10 yang jatuh pada tanggal 22 November 2021 lalu.

Dia mengatakan, sesuai arahan Presiden RI pada tanggal 16 Juli 2021, OJK dan Sektor Jasa Keuangan berkomitmen dalam pelaksanaan Pemulihan Ekonomi Nasional, salah satunya dengan melakukan percepatan pelaksanaan Vaksinasi di Sektor Jasa Keuangan di berbagai daerah termasuk Provinsi Riau.

"OJK dengan tangan terbuka siap berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk melaksanakan pelaksanaan vaksinasi di jaringan kantor OJK yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia,".