Datangi Peternak, Serka Fahrizal Purba Beri Pembekalan Cegah PMK

Sabtu, 13 Agustus 2022

DUMAI (ANC) - Guna mewaspadai Penyakit Kuku dan Mulut (PKM) Pada Hewan Ternak, Kodim 0320/Dumai melalui babinsa Koramil 01/Dumai Serka Fahrizal Purba melaksanakan patroli dan Sosialisasi kepada warga, (13/8).
 
Serka Fahrizal Purba mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi dan patroli yang dilaksanakan di kandang sapi milik warga ini dalam rangka mendukung Program Pemerintah.
 
Selain melakukan pengecekan terhadap hewan ternak milik warga, Babinsa Serka Fahrizal Purba juga memberikan edukasi dan sosialisasi terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) kepada pemilik ternak sapi. 
 
Serka Fahrizal Purba mengatakan bahwa pihak Kodim 0320/Dumai melalui Babinsa akan bersinergi dengan Dinas peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa daerah di Indonesia.
 
“Kita akan terus bersinergi serta mengedepankan Babinsa dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan pusat kesehatan hewan untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Kota Dumai. ” Ujar Babinsa.
 
Serka Fahrizal Purba juga menjelaskan jika kegiatan pengecekan dilakukan menyusul ditemukannya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia.
 
“Di beberapa kota di Indonesia sudah di temukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait terutama dinas peternakan agar tidak sampai ada penyebaran di Kota Dumai," Ujarnya.
 
Selain itu dihimbau kepada masyarakat untuk mengenali gejala gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya agar segera menghubungi aparat setempat jika mendapatinya. 
 
"Dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik, karena virus PMK pada hewan ternak ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia dan agar dalam memasak daging dilakukan dengan benar dan bersih," Jelasnya.