Imigrasi Dumai Letakkan Batu Pembangunan Mushalla Al Ikhlas

Kamis, 26 Januari 2023

AURA ( DUMAI ) - Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke 73 tahun 2023, Kantor Imigrasi TPI Kelas I Dumai dilaksanakan di halaman kantor Jalan Yos Sudarso Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai. (26/01) 

Imigrasi Dumai ditunjuk oleh Kanwil Provinsi Riau sebagai tuan Rumah peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 73.
adapun undangan tamu yang datang pada HBI ke 73 antara lain
- Kakanwil Kemenkum Dan HAM Provinsi Riau Mohammad Jahari Sitepu
- Staf Khusus Menteri Bidang Transformasi Digital Fajar BS Lase Kemenkumham RI
- Kepala Staf Divisi
- Pejabat Struktural dan Perwakilan jajaran Imigrasi Se-Riau. 
- Walikota Dumai H. Pais. SKM. Mars. 
- Datuk Timo Kipda
- Insan Pers

Upacara di pimpin oleh Walikota Dumai sebagai inspektur upacara, dan sebagai komandan upacara di pimpin oleh Sakti salah satu pegawai Imigrasi Dumai. 
Mengusung tema di Peringatan HBI " Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju",

Bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Dumai, H. Paisal membacakan amanat oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. “Tantangan global karena pandemi sudah mulai mereda, namun ancaman resesi yang melanda dunia tetap mengintai. Di tengah berbagai kesulitan yang terlihat di depan, saya yakin sepenuhnya bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia masih akan bertahan dan mampu melaluinya dengan baik sebagaimana yang telah dilakukan bersama,” ucapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa dengan kepemimpinan baru Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim dapat membawa Imigrasi mencapai banyak hal yang belum terbayang di benak selama ini. “Salah satu fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi adalah sebagai pendorong kemajuan ekonomi bangsa. Imigrasi harus selalu mengembangkan inovasi serta penerapan berbagai kebijakan yang dapat berakselerasi dengan percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, beliau mengingatkan agar penguatan internal terus diperkuat, mendorong para pemikir untuk menghasilkan berbagai karya ilmiah dalam memperkaya paradigma tentang migrasi dan perbatasan di Indonesia, serta kerjasama yang efektif dengan berbagai institusi terkait yang memiliki fungsi pengamanan perbatasan dan penjagaan stabilitas wilayah Republik Indonesia.

“Kiranya amanat ini dapat mengubah pola pikir kita menjadi lebih proaktif dalam merumuskan kebijakan, adaptif terhadap berbagai perkembangan internasional, terbuka dalam menerima hal-hal baru, serta kritis dalam mengevaluasi kebijakan. Perlu diingat bahwa kita semua adalah bagian dari Pemerintah yang bekerja untuk rakyat Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara,” sebut Paisal.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peledakan Prasasti sebagai tanda Kenaikan Kelas Kanim Dumai dari Kanim Kelas II menjadi Kanim Kelas I. Serta peletakan batu pertama pembangunan mushalla Al-Ikhlas pada Kanim Dumai yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Dumai.

acara dilanjut ke lantai dua kantor Imigrasi Dumai Tasyakuran makan bersama Ibu Dharma Wanita Imigrasi TPI Kelas I Dumai.