Jalan Lintas Sumatra Tepatnya Di Desa Sei Kumango Dusun Silayang-layang Rusak Parah

Sabtu, 25 Maret 2023

AURA (ROHUL) - Masyarakat desa sei kumango dusun silayang-layang mengeluhkan  rusaknya jalan lintas Sumatera yang amat mengkhawatirkan dan mengganggu aktivitas keluar masuk nya akses bahan pertanian warga, Hal itu terlihat dengan tindakan warga yang berjibaku bergotong royong dengan pemuda setempat untuk pengadaan batu koral agar aktivitas transportasi lalu lalang tidak terhalang. Dalu dalu (25/03/2023).

Hal ini dipertegas oleh seorang ketua RT, Sidebang, "Kami warga setempat bersama dengan pemuda mengumpulkan dana untuk membeli batu koral agar tujuan kami memperlancar arus lalulintas karna selama ini mobil yang mengangkat komoditi petani sudah sering terburuk bahkan terbalik." Tuturnya. 

Menurut data yang di konfirmasi wartawan dari kepala desa sei kumango beliau mengatakan, bahwa penyebab kerusakan jalan tersebut akibat dari seringnya over tonase dari muatan mobil-mobil pihak perusahaan yang minimnya pengawasan dari pihak terkait. "Intinya akibat tonase muatan truk-truk besar yang melintas diarus jalan provinsi dan pentingnya penaktipan kembali timbangan atau tonase angkutan barang dijalan lintas provinsi melalui PERDA Provinsi Riau. " Tutur Ali Husin selaku kepala desa sei kumango. 

Demikian dari pantauan awak media memang benar adanya aktivitas mobil-mobil perusahaan seperti mobil-mobil Tangki CPO, Inti, dan juga mobil ram TBS maupun mobil Loging milik perusahaan yang akhir-akhir ini sering melewati jalan tersebut dengan overload akibat minimnya pantauan dari dinas perhubungan Rokan Hulu.