Meriahkam HUT Ke - 78,Kepenghuluan Bagan Nibung Adakan Gotong Royong

Ahad, 13 Agustus 2023

AURA(ROHIL) - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI yang ke - 78, seluruh Instansi Pemerintah Baik swasta Maupun BUMD/BUMN Mulai Berbenar.  Hal ini dilakukan untuk keikut sertaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ri yang ke 78 Yang jatuh pada Kamis.

Untuk itu agar memperindah suasana  Kantor Kepenghuluan Bangan Nibung, Aparat Kepenghuluan secara bersama sama adakan gotong royong, dengan melakukan pembersihan disekeliling kantor dan juga memasang umbul umbul. Hal ini agar membuat nuansa dan suasana merah putih dengan cat, dan  juga memasang Bendera Merah Putih.

Acara ini selalu kita rayakan setiap tahun nya, guna memperingati dan menggenang jasa jasa para pahlawan bangsa, yang telah berjuang demi mendapatkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Walaupun mereka telah gugur demi Memproklamasikan Kemerdekaan RI, namun jasa jasa mereka tetap kita kenang dan kita peringati pada setiap tanggal 17  bulan Agustus.

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengetahui jika HUT Kemerdekaan RI dirayakan tiap tanggal 17 Agustus. Jika mengacu pada peristiwa sejarah proklamasi kemerdekaan pertama kali dibacakan Ir Soekarno pada 17 Agustus 1945, maka 17 Agustus 2023 akan memperingati HUT RI ke-78.

Lalu, hari apa HUT Kemerdekaan RI ke-78 diperingati? Hal tersebut bisa diketahui lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terbaru yang ditetapkan di Jakarta, 29 Maret 2023. Dalam SKB tersebut, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada hari Kamis, 17 Agustus 2023. Momen tersebut ditetapkan sebagai tanggal merah dan menjadi hari libur nasional.

Tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78
Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun 2023 mengusung tema, 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'. Tema ini bagian dari ajakan aksi nyata melanjutkan gerak pembangunan negara.

"Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju," ujar Sesmensesneg Setya Utama dilansir dari situs resmi Kementerian Kominfo RI.

Tema tersebut juga tertuang dalam Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dirilis Kemensetneg RI. Dirgahayu RI ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Logo Kemerdekaan RI ke-78 juga tertuang dalam Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dirilis Kemensetneg RI. Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan.

Logo berbentuk angka 78 dengan warna dasar merah secara umum bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Karman SH, selaku penghulu Bagan Nibung juga menyampaikan, Penghulu dan seluruh Aparat Kepenghuluan Bagan Nibung, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir, Juga ikut serta dalam memeriahkan dan menyukseskan HUT Kemerdekaan RI yang Ke 78, ujarnya.