Polres Dumai Bersama Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi Anev Penanggulangan Karhutla Skala Besar

Jumat, 06 Oktober 2023

AURA(DUMAI) - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selalu mengintai Nusantara setiap tahun. Bahaya laten kebakaran ini kerap terjadi diwilayah yang memiliki hutan, lahan gambut ataupun perkebunan luas, termasuk Kota Dumai.

Menyikapi kondisi demikian, Polres Dumai bersama TNI, Pemerintah Kota Dumai dan seluruh instansi terkait lainnya menggelar Rapat Koordinasi, Analisa dan Evaluasi (Anev) Penanganan Karhutla, Apel Akbar Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Patroli Terpadu Skala Besar Karhutla Tahun 2023 di Kota Dumai, Jumat (6/10/2023).

Dijelaskan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si melalui Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M bahwa penanggulangan Karhutla merupakan kegiatan rutin yang senantiasa dilaksanakan setiap tahunnya.

“Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan atensi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan berlaku nasional karena banyaknya dampak yang ditimbulkan dari Karhutla yakni rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan, asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma hingga penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, asap juga bisa mengganggu jarak pandang, terutama untuk transportasi penerbangan,” jelas Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.Si.

Lebih lanjut disampaikan Wakapolres Dumai, sebagian besar bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) disebabkan oleh manusia baik disengaja maupun tidak disengaja (pembersihan lahan hingga pembukaan lahan). Sementara di Kota Dumai, Kecamatan Medang Kampai dan Kecamatan Sungai Sembilan menjadi daerah paling rawan terjadinya Karhutla.

“Adapun sejumlah langkah antisipasi yang harus dilakukan adalah melakukan patroli rutin baik secara mandiri ataupun terpadu dan melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat agar tidak membersihkan lahan hingga membuka lahan dengan cara membakar,” tegas Wakapolres Dumai.

Sementara itu, kegiatan Rapat Koordinasi, Analisa dan Evaluasi (Anev) Penanganan Karhutla, Apel Akbar Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Patroli Terpadu Skala Besar Karhutla Tahun 2023 di Kota Dumai dilaksanakan guna memastikan seluruh sarana dan prasarana penanganan dan penanggulangan Karhutla di Kota Dumai berfungsi dengan baik serta meningkatkan koordinasi ataupun kerjasama oleh seluruh stakeholder meliputi Forkompimda, TNI, Polri, Dunia Usaha, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Akademisi, Media Massa hingga Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA).

“Dampak dari fenomena cuaca yang kini terjadi menyebabkan kekeringan ekstrem hingga Kebakaran Hutan dan Lahan disejumlah wilayah Nusantara. Dan kita patut bersyukur karena Kota Dumai akhir-akhir ini kerap diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Dan mari bersama-sama kita berdoa agar dengan adanya curah hujan yang turun, Kota Dumai dapat terhindar dari bencana Karhutla,” harap Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M.

Pantauan dilapangan, kegiatan dihadiri oleh Asisten III Pemerintah Kota Dumai M. Syafei, S.Sos, M.Si, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, Dansatradar 232 Dumai Letkol (Lek) Rumanto Gunardi, Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H, Pjs. Pasi Ops Kodim 0320/Dumai Lettu (Arh) Zulkifli, Danramil 02 Bukit Kapur Kota Dumai Kapten (Arh) M.I Daulay, Kalaksa BPBD Kota Dumai Irawan Sukma, perwakilan Lanal Dumai, perwakilan Manggala Agni Kota Dumai, perwakilan Dinas Perhubungan Kota Dumai, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Dumai, perwakilan PT. RUJ Kota Dumai, para Camat dan Lurah se-Kota Dumai, para Kapolsek Jajaran Polres Dumai dan perwakilan Perusahaan se-Kota Dumai.


Sementara Patroli Terpadu Skala Besar Guna Penanganan Karhutla Kota Dumai Tahun 2023 secara langsung dilepas oleh Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M dengan rute : Start Kantor Walikota Dumai Jalan Tuanku Tambusai menuju Jalan H. Abdul Rab Khan dan Finish di Kantor Manggala Agni Jalan Soekarno - Hatta.