PJC Buka Pendaftaran Pelatihan Jurnalistik Online

Selasa, 07 November 2023

AURA(PEKANBARU) - Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) kembali menggelar pelatihan jurnalistik.

Kali, ini digelar secara online. Dengan tujuan agar peserta yang terkendala jarak dan waktu bisa mengikutinya.

"Mengingat banyaknya permintaan dari rekan-rekan wartawan yang berada di luar Sumatera. Maka kali ini kita buat secara online," kata Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom Direktur Pendidikan Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC), usai melakukan rapat pimpinan PJC di Marpoyan Pekanbaru, Senin 6 November 2023.

Menurut Kadir, pelatihan jurnalistik kali ini dikemas secara simpel dan terbuka untuk umum.

"Pendaftaran kita buka untuk semua kalangan. Bagi anda yang berminat jadi wartawan atau anda sudah jadi wartawan tapi ingin jadi wartawan yang lebih kompeten dan profesional? Ini solusinya," papar instruktur PJC.

Mekanismenya kata Kadir, peserta dipersilakan mendaftar ke kontak panitia melalui nomor 085272009219.

"Lalu selesaikan biaya pelatihannya sebesar 97 ribu rupiah bisa dibayarkan ke rekening BRI 551001042779538," jelasnya.

Pelatihan jurnalistik akan dilaksanakan pada hari Sabtu 18 November 2023 melalui zoom meeting.

"Linknya akan diberikan setelah peserta menyelesaikan semua administrasi lalu acara akan dimulai setelah proses registrasi selesai,"  paparnya.

Alumni magister Ilmu Komunikasi UMJ itu juga menjelaskan, setelah mengikuti semua rangkaian agenda pelatihan peserta akan diberikan sertifikat.

"Sebagai bukti telah mengikuti pelatihan. Pada saat acara pelatihan berlangsung akan dibuka sesi tanya jawab sekaligus praktik menulis berita secara langsung. Jadi, bagi anda yang berminat segera daftar karena peserta terbatas," jelasnya.

Jadi sambung alumni PJC itu, pelatihan jurnalistik ini memang sengaja dibuat untuk anda yang berminat mendalami jurnalis tapi terkendala jarak dan waktu.

"Maka PJC hadir untuk menjawab semua itu," sambungnya.

Peserta akan mendapatkan materi khusus terkait dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), strategi menembus narasumber dan senjata ampuh wartawan akan dibahas tuntas dalam pelatihan.

"Narasumber dalam pelatihan ini akan disampaikan langsung oleh intruktur jurnalis yang telah berpengalaman lebih dari setengah abad. Sehingga, materinya sangat relevan dengan kondisi yang dialami wartawan di lapangan. Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda ke nomor 085272009219," paparnya.

Pelatihan ini sebut Kadir, akan langsung dibimbing oleh wartawan yang telah mengukir prestasi melalui karya fenomenalnya diantaranya buku-buku jurnalistik yang telah beredar ke seluruh penjuru tanah air.

"Buku karya beliau sudah tersebar dan dipelajari ke seluruh pelosok negeri. Mulai dari Pulau Su
matera, Jawa, Aceh, Kalimantan bahkan sudah diajarkan di Papua. Jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini. Sekali lagi saya tegaskan peserta kita terbatas mengingat efektivitas yang tetap harus dikedepankan," pungkasnya.

Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) Drs. Wahyudi El Panggabean, MH berkomitmen untuk mendedikasikan dirinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan jurnalistik di tanah air.

"PJC terus merumuskan dan melaksanakan program yang fokus ke pendidikan jurnalis. Benar yang dikatakan Direktur PJC tadi, kali ini sengaja dibuat secara online mengingat permintaan rekan-rekan yang sangat antusias untuk belajar jurnalistik. Jadi kita sepakat kali ini dibuat secara online," papar penulis buku 'Wartawan Berani Beretika' itu.

Sejatinya kata Hakim Ethik Peradi itu, wartawan harus profesional dan kompeten.

"Untuk meraih itu perlu latihan dan terus belajar. Maka sudah seharusnya kita sebagai pemburu informasi menguasai kode etik jurnalistik," pungkasnya.