Diktator adalah Pemerintah dengan Kekuasaan Mutlak, Kenali Jenis dan Cirinya

Selasa, 20 Februari 2024

Diktator Italia Benito Mussolini (Wikipedia/Public Domain)

AURANUSANTARA - Diktator adalah pemimpin yang memegang kekuasaan mutlak dan tidak terbatas atas negara atau pemerintahannya. Pemerintah tirani adalah suatu bentuk pemerintahan yang dijalankan oleh seorang diktator atau penguasa yang korup dan tidak adil. Diktator sering kali menggunakan cara kekerasan dan intimidasi untuk mempertahankan kekuasaan mereka dan menindas oposisi atau kelompok-kelompok yang berbeda pendapat. Mereka cenderung tidak peduli dengan kebebasan sipil atau hak asasi manusia, dan seringkali menghancurkan demokrasi, kebebasan pers, dan oposisi politik.

Diktator adalah bentuk pemerintahan yang sering kali menyalahgunakan kekuasaan mereka dengan memperkaya diri sendiri dan kelompok elit mereka. Pemerintah diktator seringkali merampok kekayaan nasional dan sumber daya negara untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya. Sebagai pemerintah tirani, diktator seringkali tidak terikat oleh undang-undang atau mekanisme pengawasan yang biasa ada di sistem demokrasi atau pemerintahan berdasarkan hukum. 

Diktator cenderung melakukan tindakan sewenang-wenang dan melanggar hak asasi manusia, termasuk penahanan tanpa alasan yang jelas, penyiksaan, dan pembunuhan terhadap orang-orang yang dianggap sebagai ancaman atau lawan politik. Berikut adalah ulasan tentang diktator adalah pemerintahan tirani yang dirangkum dari berbagai sumber  (20/02/2023).