SPN Rayakan HUT ke-21 di Kabupaten Bogor, Perkuat Semangat dan Solidaritas Menuju SPN Hebat

Kamis, 12 September 2024

AURA(BOGOR) - Ketua Umum DPP Serikat Pekerja Nasional (SPN), Iwan Kusmawan, S.H., bersama jajaran pengurus merayakan Hari Ulang Tahun SPN yang ke-21 di Aula PT Inti Abadi Kemasindo (IAK), Citeureup, Kabupaten Bogor. Acara ini dihadiri oleh pengurus DPP SPN, DPD Provinsi Jawa Barat, DPC SPN Kabupaten Bogor, serta para anggota.(8/9/2024) 

“Hari ini kita rayakan HUT SPN yang ke-21 untuk tingkat Kabupaten Bogor. Sebelumnya, kita merayakannya di Yogyakarta pada bulan lalu. Perayaan ini diisi dengan berbagai perlombaan olahraga dan pembagian doorprize. Tagline kita di HUT SPN tahun ini adalah ‘Kuatkan Semangat dan Solidaritas Menuju SPN Hebat’,” ujar Iwan Kusmawan.

Iwan menjelaskan bahwa SPN awalnya bernama Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit (F SP TSK). Pada 6 Juni 2003 di Yogyakarta, organisasi ini berganti nama menjadi Serikat Pekerja Nasional (SPN) untuk memperluas jangkauan sektor yang diwakili.

“Ketika masih F SP TSK, fokus kita hanya pada satu sektor, yaitu Tekstil, Sandang, dan Kulit. Maka dari itu, pada 6 Juni 2003, kita ubah menjadi SPN,” jelasnya.

Saat ini, SPN tidak hanya bergerak di sektor Tekstil, Sandang, dan Kulit, tetapi juga telah melebarkan sayap ke berbagai sektor lain seiring perkembangan serikat pekerja dan buruh. Sektor-sektor tersebut meliputi:

  • Sektor Tekstil, Garmen, Sandang, dan Kulit (TGSK)
  • Sektor Pertambangan (Nikel, Pertambangan, dan Smelter)
  • Sektor Perkebunan Kelapa Sawit
  • Sektor Perhotelan dan Restoran
  • Sektor Ritel dan Perdagangan
  • Sektor UMKM dan lain-lain

“SPN hingga saat ini sudah membentuk kepengurusan di 18 provinsi dengan anggota yang berasal dari berbagai sektor usaha,” tambah Iwan.

Menurutnya, eksistensi SPN hingga usia ke-21 tahun tidak lepas dari semangat setia, solid, loyal, dan semangat yang tertanam di jiwa para anggotanya. SPN juga konsisten dalam melayani dan melindungi anggota serta terus menyelenggarakan pelatihan bagi pengurus dan anggota.

“Saya berharap di HUT SPN ke-21 ini, sesuai dengan tagline ‘Kuatkan Semangat dan Solidaritas Menuju SPN Hebat’, kita harus memiliki visi dan misi yang sama, yaitu setia, loyal, dan solid,” pungkasnya.

Sekretaris Umum DPP SPN, Catur Andarwanto, menilai perayaan HUT SPN di Kabupaten Bogor sangat positif. Selain menjadi ajang silaturahmi, peringatan ini juga mengingatkan pengurus dan anggota akan sejarah perjuangan pendiri SPN.

“Saya kira perayaan HUT SPN di Kabupaten Bogor ini sangat baik. Kita akan dorong perayaan HUT SPN di semua kabupaten dan kota,” tegas Catur.

Ia meyakini SPN tetap dipercaya dan eksis hingga sekarang karena merupakan organisasi yang melindungi dan menjaga amanah dari anggotanya. SPN juga menjalankan asas demokrasi dalam pemilihan Ketua Umum, Ketua DPD, DPC, hingga PSP (kepengurusan di tingkat perusahaan).

“Semoga SPN ke depannya dapat mengembangkan dan menambah jumlah anggotanya, serta menguatkan sisi perlindungan terhadap anggotanya,” tutupnya.